Senin, 19 Februari 2018

Perpustakaan Jaman Now, Perpustakaan Keren ala UMSU

“Perpustakaan” Apa yang akan muncul di pikiran kita ketika mendengar kata tersebut? Pasti tak akan jauh dari jajaran rak berisi buku-buku dan dipenuhi orang-orang yang lalu lalang mencari referensi dan kumpulan teori. Generally, itu adalah gambaran paling mainstream untuk mendefinisikan kata perpustakaan.

Untuk kebanyakan orang, berada atau dihadapkan dengan satu buah buku saja sudah cukup membuat jenuh. Bagaimana konon jika dihadapkan dengan kumpulan buku-buku di rak tersebut? Belum lagi kebanyakan petugas di perpustakaan yang cuek bahkan sadisnya, ada yang lebih killer dibandingkan dosen pengawas.

Kebanyakan perpustakaan pada umumnya memang demikian adanya, namun, penggambaran yang demikian itu tidak berlaku untuk perpustakaan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tepatnya perpustakaan yang terletak di Kampus III UMSU.

Berdiri pada tahun 1994, Perpustakaan UMSU yang sekarang sudah mengalami begitu banyak perubahan. Jika dahulu perpustakaan dianggap sebagai tempat yang paling membosankan, sekarang  menjadi tempat paling menarik untuk dikunjungi. Tak hanya update dari segi bahan bacaan saja, teknologi yang digunakan di Perpustakaan UMSU ini juga telah mengalami perubahan yang drastis.

Dibawah kepemimpinan salah satu dosen kreatif andalan UMSU, Muhammad Arifin, S Pd M Pd., berbagai macam pelayanan di perpustakaan UMSU juga sudah mengalami upgrade. Jika sebelumnya, pelayanan di Perpustakaan UMSU cenderung kaku, kini pelayanannya sudah jauh lebih bersahabat, tertata dan transparan. Mulai dari pelayanan Kasir, Loker, Layanan Sirkulasi, Layanan Administrasi, Layanan Digital, Layanan Koleksi Karya Ilmiah (KKI), Layanan Multimedia, Layanan Referensi, bahkan tersedia juga BI Corner. Wah makin lengkap dan menarik saja.

lokernya sekarang makin banyak, tapi si kakak masih sendirian,

fokus, itu Layanan Digital tulisannya.

Hmm.... wajah baru, sistem baru, tatanan dan model pelayanan yang baru, tentunya mengundang minat mahasiswa untuk semakin rajin ke perpustakaan UMSU. Mulai dengan adanya sambutan warna-warna ceria yang menemani langkah-langkah pengunjung yang berjalan menuju ke Perpustakaan UMSU, terlebih lagi adanya sambutan selamat datang atau himbauan untuk para pegunjung. Hal ini tentunya mempengaruhi peningkatan secara drastis jumlah pengunjung perpustakaan UMSU.
“Jumlah pengunjung sudah jauh lebih meningkat, ratusan kali lipat jika dibandingkan dengan Desember 2016 lalu,” jelas Cici Adrian, petugas pelayanan teknis UPT UMSU.


whew, berasa berjalan bersama pelangi ya, kak. hehe
Pastinya, berkat fasilitas yang sekarang sudah lebih kekinian, selain membantu petugas Perpustakaan UMSU, faslitas-fasilitas terbaru ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk mahasiswa.
“Fasilitas yang sekarang kan sudah di update, jadi sudah tak serepot dulu, jadi punya lebih banyak waktu untuk melayani yang lain. Selain itu juga, dengan sistem perpustakaan yang sekarang, mahasiswa jadi jauh lebih termotivasi, bahkan pengunjung jadi meningkat, hampir 900 pengunjung per hari,” ujar Indra Koto, petugas Pelayanan Loker Perpustakaan UMSU.

Sebelum memasuki Perpustakaan UMSU, sempatkan diri untuk mampir dan memetik pesan moral yang bisa diambil dari Pojok Baca Perpustakaan UMSU



Bahkan setelah berada di dalam, pengunjung juga masih tetap dapat menikmati fasilitas lainnya, seperti  ruang baca yang nyaman, diiringi lantunan lembut instrumen yang akan menemani pembaca saat berkonsentrasi. 
“Perpustakaan yang sekarang jam pelayanannya jauh lebih lama, kalau dulu tutup jam 5 sore, sekarang sampai malam. Koleksi buku-bukunya makin bagus dan jauh lebih lengkap sekarang. Lebih nyaman di perpustakaan yang sekarang,” jelas Fadhilah Rahmah, mahasiswa Pendidikan Bimbingan Konseling, semester 8.

“Tentunya fasilitas dan pelayanan yang tersedia akan terus diperbaiki dan ditingkatkan. Bagaimana agar menaikkan minat membaca para mahasiswa UMSU khususnya, dan masyarakat umumnya. Untuk itu Perpustakaan UMSU menerima dengan terbuka setiap saran dan masukan,” jelas Pimpinan Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin S Pd M Pd.

semangat para abang, yang lagi mendaftar jadi anggota perpustakaan UMSU


sistematika scanning barcode KTM 
Eitts, tunggu dulu, tak cuma itu. Perpustakaan UMSU juga menyediakan wajah-wajah segar yang siap membantu dalam urusan perpustakaan. Yep, kakak dan abang tampan Relawan Perpustakaan akan membantu pengunjung selama berada di perpustakaan. Wah, bakal makin betah dong ya.

cakep-cakep yah. hihi
Bagaimana nih? Masih enggan untuk ke perpustakaan? Setelah disuguhi fasilitas, pelayanan keren dan buku-buku yang kekinian, pastinya surga banget buat para pembaca. Uniknya, fasilitas ini tak hanya bisa dinikmati mahasiswa UMSU loh, namun semua fasilitas bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Mulai dari bahan bacaan seperti buku referensi, karya ilmiah, bahkan novel-novel terkini dan buku-buku keagamaan juga bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung. Tentunya, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada ya. 

Berbagai macam bentuk pelayanan dan panduan bisa dibaca di buku Panduan Perpustakaan UMSU yang tersedia di perpustakaan UMSU, atau di akses di website Perpustakaan UMSU

Ayo ke Perpustakaan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar